Jumat, 19 Desember 2008

Huruf Jawa

Ha, na, ca, ra, ka
Da, ta, sa, wa, la
Pa, da, ja, ya, nya
Ma, ga, ba, tha, nga

Nah, itu semua bunyi huruf Jawa.Mungkin kalian yang berasal dari luar Jawa, tidak mengenal huruf ini. Sebenarnya tulisannya bukan seperti apa yang aku tulis diatas, tapi bentuknya seperti cacing gitu ( uwel - uwel ).Hmm...kalau bisa nulis Jawa, enak lo! Proses belajarnyapun menurut aku lucu, soalnya awalnya susah buat dihafal.
Tapi aku punya tips, cara belajar nulis Jawa..he...Aku baca terus, habis itu aku liatin terus, siapin kertas kosong dan pulpen. Tutup buku yang udah kita baca tadi ( hmm..dengan catatan kalau udah hafal bentuk -bentuknya ). Hmm...dijamin cepat bisa. Sebenarnya enggak cuma huruf - huruf itu saja, masih banyak yang harus di hafal.
Masih ada kawan - kawan
dalam huruf Jawa ( he.....kawan - kawan, seperti orang saja ), seperti sandhangan digunakan untuk pengucapan huruf vokal (menentukan a, i u, e,dan o).
Di bawah ini, kutipan huruf jawa lengkap dengan kawan - kawannya :

(Huruf Jawa 1)
(Huruf Jawa 2)
(Huruf Jawa 3)

(Huruf Jawa 5)



1 komentar:

  1. weleh weleh jan tenan garapanmu andalan.

    aq dadi pengen.
    edit kan blog q ya....

    BalasHapus

COMENOSNYA DONG!!!!